Jumat, 18 November 2011

Perjuangan yang Tidak Mudah & Tiket yang Tidak Murah

Merayakan Kemenangan
Dengan tiga kemenangan dan satu kekalahan timnas sepakbola Indonesia melaju ke babak semifinal dan akan melawan Vietnam hari Sabtu (19/11) ini. Walaupun Indonesia bisa mengalahkan Kamboja dengan 6 gol tanpa balas, 2-0 saat melawan Singapur, dan 3-1 saat melawan Thailand, kemenangan-kemenagna itu tidaklah di raih dengan mudah. Para pemain Garuda muda perlu berjuang dengan keras dan mengeluarkan semua kemampuan teknik dan strategi mereka. Sampai akhirnya tiket semifinal mereka dapatkan.

Bagi para supporters timnas Garuda yang akan memberikan dukungan secara langsung pada semifinal melawan Vietnam ini, ternyata tidaklah murah juga. Panitia telah menaikkan hampir semua katagori dengan presentasi mencapai 100 persen!

Sebagai contoh, untuk kelas VVIP, yang tadinya dijual seharga Rp. 500 ribu, kini dilepas seharga Rp. 1 juta. Sementara untuk harga termurah, yakni kategori IV, yang tadinya dijual Rp. 25 ribu, naik menjadi Rp. 50 ribu. Dikutif dari Detikcom.

Aksi Bintang
Di groups Facebook TIM NASIONAL INDONESIA, kenaikan tiket tersebut ditanggapi dengan nada protes. Seperti disampaikan Faisal Nuva Sajida. "Masalah tiket lagi, dari dulu nga ada yang benar ni pengurusnya". Meyzar Ahmad juga komentar dengan nada protes. "Gilaaaaaaaaaaaaaaaaa,coba deh sekali2 kosongin GBK,supaya PSSI sadar kalo muahal bgt". Demikian juga dengan komentar dari Ridho Julianda. "Ini tiket kaya mw nonton PD aja...".

Inilah salah satu persoalan sepakbola di Indonesia. Mereka selalu aji mumpung, memanfaatkan fanatisme suporters Indonesia. Menaikkan tiket tidak dengan memperhatikan tingkat ekonomi para supportersnya. Dan ini dilakukan hampir semua kejuaraan. Belum lagi persoalan calo tiket yang tidak pernah selesai. Harga tiket sudah mahal, dan akan lebih mahal lagi karena tiket di pegang para calo.

Situasi yang tidak mengenakkan.

Harga tiket babak semifinal sepakbola SEA Games XXVI:
VVIP: Rp. 1.000.000
VIP Barat: Rp. 700.000
VIP Timur: Rp. 500.000
Kategori I: Rp. 300.000
Kategori II: Rp. 200.000
Kategori III: Rp. 100.000
Kategori IV: Rp. 50.00

Warsa Tarsono

3 komentar: