Minggu, 24 September 2023

Wasran

Sumber gambar: https://hop.church/
Wasran adalah nama saudara juga tetangga saya. Lebih sering dipanggil dengan nama Becon. Jadi saya memanggilnya Kak Becon.

Hubungan persaudaraan kami mungkin disebutnya saudara sepupu, karena nenek saya dan nenek dia kakak beradik. Dalam hal tetangga dia juga tetangga dekat kami. Rumah orang tuanya sama orang tua kami berdekatan. Mungkin hanya berjarak 10-15 meter.

Saat kecil tentu saja kami main bersama, karena jarak usia saya dan dia cuma kisaran satu tahun Jadi emang kami dekat.

Saat sudah besar emang kami jauh, saya merantau ke Jakarta dan dia nikah dengan orang yang jarak rumahnya dengan saya agak jauh. Masih satu desa tapi lain dusun yang agak jauh. Jadi interaksi saya dan dia sangat jarang.

Belakangan, dia kena satu penyakit yang membuat dia tidak bisa berjalan. Bisa, tapi harus dibantu dengan kruk. Lebih dari itu dia tidak bisa lagi bekerja. Saat ini dia tinggal dan hidup dibantu kakak-kakak dan adiknya.

Nah karena kondisi itu bapak saya sering bantu. Memberi uang sesuai kemampuan dia walaupun tidak rutin.

Saat ada teman saya di Jakarta ingin menyalurkan zakatnya dan dititipkan ke saya, saya berdiskusi dengan istri dan bapak saya, tentang siapa saja yg layak diberi zakat, bapak langsung mengusulkan nama Kak Becon.

Nah, sebelum meninggal rupanya bapak punya janji ke dia, bahwa dalam tujuh minggu bapak akan memberi sedekah Kak Becon. Karena keburu meninggal Bapak baru menepati janjinya sebanyak tiga kali.

Pada saat jenazah almarhum bapak saya sampai di rumah -setelah dari rumah sakit- banyak saudara dan tetangga berkumpul di rumah kami, termasuk Kak Becon. Kesempatan itu saya pergunakan untuk menyampaikan permintaan maaf atas kesalahan dan kelalaian bapak saya.

Saya juga menyampaikan barangkali bapak punya janji atau utang yg belum dibayar, saya minta untuk memberi tahu kami, selanjutnya akan kami lunasi. Setelah itu kami tahu ternyata Bapak punya janji ke Kak Becon. Kami pun kemudian melunasi hajat bapak.

Kak Becon adalah salah satu orang yang aktif ikut tahlilan. Selama tujuh hari selalu datang. Tidak hanya itu, Kak Becon juga selalu ikut mengantar air doa ke pemakaman bapak. Juga tahlilan di sana.

Malam pertama bapak saya meninggal, Kak Becon juga salah satu orang yang lama berdoa dan mengaji untuk Bapak. Mungkin karena bantuan-bantuan yang diberikan bapak, sehingga dia ingin berdoa yang terbaik juga untuk bapak saya.

Semoga kak Becon diberikan kesembuhan. Dan bantuan yang diberikan Bapak kepada dia menjadi amal yang dicatat Allah SWT.

Bapak, semoga kau damai bersama-Nya. Doa kami selalu untukmu. Mudah-mudahan kami bisa melanjutkan kebaikan-kebaikan yang bapak lakukan. Aamiin. Alfatihah.

BSD, 24 September 2023.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar