Jumat, 23 Desember 2011

TEMUKAN KALIMAT INSPIRATIF MU

Mug Cantik Bingkisan Ulang Tahun Anak Anda
Salah satu adegan yang saya suka dari film Sang Pemimpi adalah saat Julian Balia, guru Ikal dan kawan-kawan mengajak murid-muridnya memekikkan kata-kata inspiratif, setelah atau sebelum memulai pelajaran. "Kalian harus tahu betapa kata-kata memiliki kekuatan yang luar biasa. Kalau kalian mampu menyusun kata-kata dengan indah bukan saja kalian mampu membuat karya yang luar biasa, tapi kalian juga bisa membuat orang lain tergetar dengan apa yang kalian tulis atau kalian ucapkan," ucap Julian Balia menjelaskan.

"Para pelopor, sebelum kita tutup kelas hari ini, pekikkan kata-kata yang memberimu inspirasi. Kau, Ma'ruf! perintahya. "Jika mata dibayar dengan mata, maka dunia akan buta, Mahatma Gandhi," ujar Ma'ruf spontan. "Ahmad". "I shall return, Jendral Mc Arthur," ucap Ahmad.

Zakiyah Nurmala
Kemudian satu persatu murid yang lain mengikuti. "Kaum muda, yang diperlukan adalah orang-orang yang mampu memimpikan sesuatu yang tak pernah diimpikan oleh siapapun, Jhon F. Kennedy," lanjut Zakiyah Nurmala. "Tidak semua yang dapat dihitung diperhitungkan, dan tidak semua yang diperhitungkan dapat dihitung, Albert Einstein," Ucap Arai tidak mau kalah dari Zakiyah Nurmala, gadis pujaan hatinya. "Masa muda, masa yang berapi-api, Rhoma Irama, ucap Ikal diikuti tawa teman-temannya.

Di lain waktu, Julian Balia meminta murid-muridnya memekikkan kata-kata inspiratif kembali. Terlontarlah kata-kata yang dikutip dari tokoh-tokoh nasional kita. "Dengan menolong diri sendiri kita bisa menolong orang lain lebih sempurna, RA. Kartini". "Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bias mengubah dunia, Soekarno". "Kemerdekaan nasional bukanlah tujuan akhir, rakyat yang bebas berkarya adalah puncaknya, Sutan Syahrir". "Selama dengan buku kalian boleh memenjaraku di mana saja, sebab dengan buku aku bebas, Muhammad Hatta."

Sebelum menonton film Sang Pemimpi saya mempunyai kebiasaan mencatat kata-kata inspiratif dari buku-buku yang saya baca. Buat saya kata-kata itu sering menyadarkan saya, baik tentang mimpi-mimpi saya maupun hal-hal yang ingin saya perbaiki. Saat SMP saya mendapatkan sebuah kalimat inspiratif dari kepala sekolah yang sampai saat ini masih diingat. "Sikapmu hari ini akan menentukan masa depanmu kelak". Atau kalimat dari guru dan sekaligus paman saya waktu SMA. "Dalam setiap kesempatan selalu ada kesempitan, dan dalam setiap kesempitan selalu ada kesempatan".

Selain dua kalimat tersebut, saya mempunyai beberapa kalimat inspiratf yang menjadi favorit. "Tidak ada yang perlu ditakuti dalam kehidupan ini, semua hanya perlu dipahami". Kalimat lainnya, "Kekhawatiran adalah penyalahgunaan imajinasi yang merupakan anugerah Tuhan". Dua kalimat tersebut saya sering ucapkan tatkala saya merasakan ada tekanan atau ketakutan terhadap sesuatu yang akan menimpa saya.

Untuk memotivasi diri, kalimat yang sering saya gunakan adalah kalimat berikut; "Hidup itu seperti naik sepeda, kita akan jatuh kalau kita berhenti mengayuhnya". Agar konsisten dengan impian-impian saya kalimat yang saya gunakan; "Tidak diperlukan energi yang lebih besar untuk membuat impian yang besar, dibanding impian yang kecil". "Cepat atau lambat, mereka yang menang adalah mereka yang berpikir bahwa mereka bisa." atau kalimat dari Napoleon Hill: "Tidak ada yang bisa mengalahkan ketekunan dan kegigihan".

Saya juga mempunyai ayat Al-Quran yang menjadi favorit kutipan saya, dari surat At-Takasur: "Bermegah-megahan telah melalaikan kamu. Sampai kamu masuk ke dalam kubur. Jangan Begitu, kelak kamu akan mengetahui akibat perbuatanmu." Selain surat At-Takasur, saya suka juga dengan surat Al-Ashr. "Demi masa."

Dahlan Iskan, Menteri BUMN
Terakhir saya menemukan kalimat inspiratif dari dua buku yang sedang saya baca; "Gunung tidak mesti tinggi yang penting ada dewanya, sungai tidak mesti dalam yang penting ada naganya, manusia tidak mesti hebat dan serba besar, yang penting ada artinya," Dahlan Iskan di buku Dua Tangis dan Ribuan Tawa. "Ide besar bukan dari tindakan Tuhan. Ide itu datang dari tindakan kita sehari-hari." Donny Duetsch penulis buku The Big Idea sekalugus pemandu acara The Big Idea di CNBC.

Di bawah tulisan ini saya sertakan beberapa kalimat inspiratif yang saya kumpulkan, barangkali bisa dipakai oleh teman-teman. Dengan bertahap, Insya Allah akan saya tambahkan kalimat-kalimat inspiratif lainnya yang didapat dari buku-buku yang saya baca atau ungkapan yang saya dengar, dari siapa saja.

"Sebagian orang menghabiskan waktunya dengan menunggu datangnya waktu yang sempurna. Jarang ada waktu yang sempurna dalam hal apa pun. Yang penting langsung memulai, ikuti permainannya." Jack Canfield.

"Tak ada orang yang pernah menjadi hebat atau baik kecuali melalui banyak kesalahan besar." WIlliam E. Gladstone (Mantan Perdana Menteri Ingris).

"Akui bahwa rasa takut itu ada tapi jangan membiarkannya menghalangi Anda melakukan tugas-tugas penting." Jack Cenfield.

"Aku sudah lama hidup dan menghadapi banyak masalah, yang sebagian besar tek pernah terjadi." Mark Twain - Pengarang & Humoris Amerika Ternama.

"Kemajuan selalu melibatkan risiko; kau tidak bisa mencapai tingkat dua dan mempertahankan kakimu di tingkat satu." Frederick Wilcox.

"Yang penting bukan keinginan untuk menang, karena setiap orang memilikinya. Yang penting keinginan mempersiapkan diri untuk penting." Paul "Bear" Bryant.

"Kebanyakan orang menyerah ketika mereka nyaris meraih kesuksesan. Mereka berhenti satu meter dari garis finis. Mereka menyerah di detik-detik terakhir permainan, satu langkah dari gol kemenangan." H. Ross Perot Miliuner Amerika & mantan kandidat presiden AS.

"Jangan biarkan pikiranmu menjauh dari karya besar yang ada di depan kita". Abraham Lincoln Mantan Presiden AS.

"Setiap tindakan yang dilakukan dihadapan orang lain harus dilakukan dengan menghormati mereka yang hadir". George Washington mantan Presiden AS.***

Mug Cantik untuk Ulang Tahun Anak Anda Klik di SINI

Tulisan lain:
Rasid Memungut Sampah Sebagai Panggilan Hati
Ucapkan Selamat dan Doa Ulang Tahun Lewat Lagu
Ali Sadikin Ngotot, Masjid Said Naum Berdiri
Mencari Mal Ramah Islam

Kalau berkenan tolong berikan rating atau komentar terhadap tulisan ini.

Salam Bahagia
Warsa Tarsono
0818 995 214/021-96318167
www.wtarsono.blogspot.com
wtarsono@yahoo.com
FB: Warsa Tarsono
Twitter : @wtarsono

5 komentar:

  1. wajah boleh konvensional..
    tapi pemikiran harus tetap modern..

    Tukul Arwana..

    BalasHapus
  2. gitu aja kok repot

    Abdurrahman Wahid

    BalasHapus
  3. Seorang pemuda sederhana yang suatu saat akan jadi penguasa.
    (Anjesis)

    BalasHapus