Kamis, 27 Agustus 2009

Semut Merah Untuk Selamatkan Bumi


Saat ini pemanasan global kian menggila, polusi merajalela, cuaca tak beraturan. Akibat semua itu bumi yang kita singgahi, akan tidak aman lagi kita tempati. Diperkirakan akan melahirkan bencana alam sampai konflik sosial yang menakutkan. Tentu kita tidak menginginkannya. Karenanya perlu digerakan kesadaran masyarakat untuk menyelamatkan bumi.

Menyadari itu Kids Science Club (KSC) Sahabat Cahaya menggagas lahirnya program Semut Merah. Semut Merah adalah program penyadaran penyalamatan bumi dengan melakukan berbagai upaya kreatif memanfaatkan barang-barang bekas dan mengurangi bahan-bahan yang akan mencemarkan lingkungan. Program ini terutama diperuntukkan bagi siswa dan siswi sekolah dasar (SD).

Semut Merah merupakan program pengembangan dari Kids Science Club (KSC) Sahabat Cahaya yang telah bekerjasama dengan beberapa sekolah mengadakan program sains klub. Selama ini KSC Sahabat Cahaya telah bermitra dengan 15 Sekolah Dasar dengan jumlah anggota sekitar 2130 siswa.

Dalam program Sains Klub tersebut, KSC Sahabat Cahaya telah melakukan pembelajaran dan kreativitas sains tentang lingkungan. Metode pembelajaran yang digunakan antara lain dongeng (story telling), permainan (game), kerajinan tangan (handy craft) dan bermain peran (role play). Dengan metode tersebut anak-anak menjadi senang dan bergembira menerima pembelajaran tersebut.

Kami telah menetapkan visi, misi dan tujuan dari program Semut Merah, antara lain:

Visi
Melahirkan generasi Indonesia yang cinta lingkungan.

Misi
1. Menggalang dukungan publik untuk bersama-sama peduli terhadap dunia anak dan lingkungan hidup .
2. Memberdayakan masyarakat khususnya anak-anak melalui pendidikan popular untuk pelestarian lingkungan hidup.

Tujuan
1. Menjadikan anak-anak sebagai agen perubahan untuk penyelamatan lingkungan.
2. Menggalang dukungan masyarakat luas baik secara politik maupun Finansial dalam upaya penyelamatan lingkungan.
3. Menggugah kesadaran publik akan pentingnya penyelamatan lingkungan.
4. Merangkul pihak sekolah dasar dan taman kanak-kanak atau yg sederajat untuk bekerja sama dengan program Semut Merah.

Tentu upaya kami tidak akan berdampak maksimal jika tidak didukung oleh pihak lainnya. Oleh karenanya kami membuka keterlibatan dan kerjasama semua kalangan dalam berbagai bentuk.

Semut Merah: Agar bumi kita selamat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar