Kamis, 20 Oktober 2011

Inspirasi dari Kepala Sekolah

Semula aku enggak sadar, kalau periode aku di SMPN 2 Banjarharjo mengalami dua kali pergantian kepala sekolah. Yang berarti tiga kepala sekolah pernah memimpin kami. Apakah ada perbedaan dari ketiga kepala sekolah tersebut? Seingatku berkaitan dengan program dan sistem pengajaran, enggak ada. Buatku waktu itu hanya pergantian biasa saja, mutasi seorang pejabat, apakah itu karena aku yang tidak peduli? Aku juga enggak ngerti.

Tapi dari ketiga kepala sekolah yang pernah memimpin SMP 2 Banjar, pernah salah satunya masuk ke kelasku. Seingatku waktu kelas 2. Waktu itu guru Bahasa Indonesia berhalangan mengajar. Aku lupa Bu Sri Budi atau bu Siswa, kayaknya sih bu Siswa, karena bu Sri Budi ngajar waktu aku kelas 1.

Nah waktu Bu Siswa tidak datang itu, Kepala Sekolah masuk menggantikannya. Walaupun saat dia masuk bukan untuk mengajar Bahasa Indonesia. Dia bicara tentang masa depan dan apa yang harus dilakukan oleh anak-anak yang saat ini sedang dalam tahap belajar. Detail yang dia bicarakan aku lupa, tapi ada kalimat yang dia ucapkan dan sampai saat aku masih ingat. "Masa depanmu ditentukan oleh sikapmu hari ini," begitu seingatku dia berkata.

Aku bersyukur pernah mendengar kalimat itu, walaupun waktu itu tidak mengubah apapun terhadapku, dalam arti tidak lantas aku menjadi rajin belajar, tapi saat aku sudah lebih besar, kalimat itu sering menyadarkan aku untuk kembali fokus terhadap tujuan-tujuan hidupku.

Terima kasih kepala sekolahku, tapi aku lupa kepala sekolah yang mana.:)

Salam

warsa tarsono
Tulisan lain lihat di www.wtarsono.blogspot.com
wtarsono@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar