Selasa, 02 November 2010

Pengamen dan Simpati Masyarakat

Beberapa waktu lalu Indonesian Idol sebuah ajang pencarian bakat menyanyi yang diadakan oleh stasiun televisi RCTI memenangkan Aries, seorang pengamen jalanan. Di samping mempunyai suara yang bagus, simpati penonton juga terbangun oleh latar belakang dia sebagai pengemen yang ingin mengubah hidupnya.

Belum lama ini kembali kita menyaksikan sebuah kelompok pengemen jalanan memenangkan kontes Indonesia Mencari Bakat, ajang pencarian bakat yang diadakan oleh Trans TV. Klantink kelompok pengamen tersebut. Kembali orang menduga salah satu dukungan mengalir kepada kelompok tersebut karena simpati terhadap latar belakang mereka sebagai pengamen.

Sebagian orang menganggap kemenangan tersebut bukan karena talenta, tapi karena simpati terhadap nasib mereka, sehingga sebagian menganggap ajang-ajang tersebut bukan ajang pencarian bakat, tapi belas kasihan orang. Seorang Facebookers memplesetkan Indonesia Mencari Bakat menjadi Indonesia Mencari Belaskasihan.

Buat saya kemenangan-kemenangan yang diraih oleh orang-orang dengan latar belakang pengamen tersebut disambut dengan positif. Ada beberapa alasan, pertama, saya sedari awal menganggap ajang-ajang tersebut bukan sebagai ajang yang sempurna sebagai ajang pencarian bakat, lebih sebagai show. Walaupun begitu saya suka dengan acara tersebut. Selagi waktu luang saya sering menontonnya. Kedua, ajang tersebut bisa menjadi alternatif sebagai jalan mengubah hidup seseorang, terutama orang-orang dari kelas bawah yang jarang menemukan kesempatan.

Alasan lain saya menyambut gembira kemenangan-kemenangan tersebut adalah karena kemenangan itu menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia mempunyai keperdulian yang besar terhadap orang-orang bawah. Hal ini menjadi modal besar untuk membangun masyarakat bawah. Tinggal bagaimana pegiat-pegiat sosial mengemas program pemberdayaan bagi orang-orang bawah tersebut.

Mari kita wujudkan!

1 komentar:

  1. salam kenal dari jauhari parung bogor walking ya.. ke blog sy http://wwww.kampunglebakwangi.blogspot.com
    http://www.syahiranada.co.cc
    http://www.mtsnparungkabbogor.blogspot.com
    Ini lebakwangi parung pa mana ya...?

    BalasHapus